Senin, 23 September 2013

Pengenalan IMK (1)

PENGENALAN IMK


Bidang Ilmu Interaksi Manusia dan Komputer adalah:

Ilmu yang mempelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah


Definisi Interaksi Manusia dan Komputer :

“Sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang menggunakan antarmuka (interface).


Definisi Antarmuka Manusia dan Komputer

Media yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan suatu perintah kepada komputer


Sebuah program aplikasi terdiri dari 2 bagian yaitu:

-          Bagian Antarmuka

Bagian antar muka yang berfungsi sebagai sarana dialog antara manusia dengan komputer.

-          Bagian Aplikasi

Bagian aplikasi yang merupakan bagian yang berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data yang sudah dimasukan oleh pengguna lewat algoritma yang diisyaratkan oleh aplikasi tersebut.


Media antarmuka manusia dan komputer terbagi menjadi 2 yaitu :

  1. Media tekstual

  2. Media GUI (Graphical User Interface)


1. Media Tekstual adalah “bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik “. 

Contoh : perintah “Printf” dalam Borland C++

Contoh listing program dengan Borland C++ :

contoh-1

 2. Media GUI (Graphical ser Interface) adalah “bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”.

Contoh antarmuka manusia dengan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain).

contoh-2

2. Bidang Studi

                Untuk membuat media interaksi manusia dan komputer yang lebih baik maka harus mempelajari dan memahami bidang ilmu lain :


1. Teknik Elektronika dan ilmu komputer

Berhubungan dengan perangkat keras untuk merancang sistem interaksi manusia dan komputer.

2. Psikologi

                Memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya agar dapat menjodohkan mesin dengan manusia sehingga dapat bekerjasama.


3. Perancangan grafis dan tipografi

Memanfaatkan gambar sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia dan komputer.

4. Ergonomik

                Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman ketika berinteraksi dengan komputer.


5. Antropologi

                Pandangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan memberikan kontribusi teknologi pengetahuan sesuai dengan bidangnya masing-masing.


6. Linguistik

Bahasa merupakan sarana komunikasi yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berinteraksi dengan komputer.

7. Sosiologi

Berkaitan dengan studi tentang pengaruh sistem manusia dengan komputer dalam struktur sosial.

misal: Dampak komputerisasi terhadap keberadaan seorang user di sebuah perusahaan.

3. Piranti (alat) Bantu Pengembang Sistem

                Untuk mempercepat proses perancangan dan pengembangan antarmuka (interface) diperlukan piranti pengembangan sistem seperti pemrogaman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, Visual C++ dan lain-lain).


Keuntungan menggunakan piranti bantu adalah :

  1. Antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik

  2. Program antarmukanya menjadi mudah ditulis dan lebih ekonomis dalam pemeliharaannya.


4. Pengelompokan Piranti Bantu

Berdasarkan fungsinya piranti bantu terbagi menjadi 2 yaitu :

1. Piranti bantu Aplikasi (application software)

Program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas, misalnya membuat dokumen, manipulasi photo dan membuat laporan.

2. Piranti bantu Sistem (System Software)

Program yang digunakan untuk mengontrol sumberdaya komputer seperti CPU dan hardware masukan/keluaran.

5. Strategi Pengembangan Antarmuka/interface

Beberapa hal yang harus diperhatikan :

-          Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.

-          Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.

-          Informasi tentang ragam dialog, struktur, isi tekstual dan grafis, tanggapan waktu,              kecepatan tampilan.

-          Penggunaan prototipe yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna dan perancang sistem.

-          Teknik evaluasi dengan menggunakan uji coba sejumlah kasus, tanya jawab dan kuisioner.
5 M-SYIHABlog: Pengenalan IMK (1) PENGENALAN IMK Bidang Ilmu Interaksi Manusia dan Komputer adalah: “ Ilmu yang mempelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi dan mengimplemen...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >