Rabu, 25 September 2013

Prinsip Design Antarmuka / Interface (4)

PRINSIP DESIGN ANTARMUKA


(INTERFACE)


Prinsip – Prinsip Desain Antarmuka

  • Merefleksikan Model Mental User


Merefleksikan kombinasi pengalaman dunia riil, pengalaman dari software lain, dan penggunaan komputer secara umum

  • Explicit and Implied Action


                a. Explicit actions

Kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu obyek.

                b. Implied actions

Kondisi yang hanya memberikan kesan visual untuk  memanipulasi obyek.

  • Direct Manipulation


User mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi.

  • User Control


Mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi aksi.

  • Feedback and Communication


Selalu memberitahukan user apa yang terjadi dari suatu aksi.

  • Consistency


User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu

aplikasi ke aplikasi lain.

  • WYSIWYG (What You See Is What You Get)


Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya.

  • Aesthetic Integrity


Informasi diorganisasikan dengan baik dan konsisten dengan prinsip desain  visual yang baik.

Mengembangkan Software Yang Baik

  • High Performance

  • Mudah digunakan

  • Penampilan yang baik

  • Reliability

  • Mampu beradaptasi

  • Interoperability

  • Mobility


Mengambil Keputusan Dalam Desain

  • Aplikasi semakin membesar, dan menjadi semakin lambat.

  • User Interface pada aplikasi semakin kompleks.

  • Waktu yang diperlukan untuk mengembangkan fitur baru menjadi lebih lama.

  • Dokumentasi aplikasi dan dokumen help menjadi lebih melebar.

  • Resiko adanya efek pada fitur yang sudah ada.

  • Meningkatkan waktu yang diperlukan untuk memvalidasi aplikasi


Mendesain Layout

Model Aplikasi

Ada 3 Model Aplikasi:

  1. Berbasis Dokumen

  2. Berbasis Non Dokumen

  3. Utilitas


Microsoft Word 2003

 gambar1

Macromedia Flash MX 2004

gambar2

Microsoft Outlook 2003

gambar3

My SQL

gambar4

M.Y.O.B

gambar5

3. Layout Utilitas

Ada kecenderungan aplikasi seperti ini menekankan pula pada style disamping fitur aplikasi

Power DVD XP

gambar6

Kaspersky Anti Virus

gambar7

Control Center Pada Linux

gambar8
5 M-SYIHABlog: Prinsip Design Antarmuka / Interface (4) PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE) Prinsip – Prinsip Desain Antarmuka Merefleksikan Model Mental User Merefleksikan kombinasi pengalaman...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >